Minggu, 17 Januari 2016

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur


Pada hari Senin, 11 Januari 2016 penduduk Desa Jatipelem, Diwek, Jombang kedatangan mahasiswa dari UPN “Veteran” Jawa Timur sejumlah 24 mahasiswa yang hendak melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 minggu. Kegiatan KKN ini terhitung dari Senin, 11 Januari 2016 sampai dengan Sabtu, 23 Januari 2016. Selama dua minggu tersebut, mahasiswa akan melakukan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan divisi yang telah ditentukan oleh pihak Universitas. Selain itu mahasiswa juga mendapat bimbingan dari DPL selama pengabdian kepada masyarakat.Mahasiswa sebelumnya telah melakukan survey beberapa hari di Desa Jatipelem sehingga selama melaksanakan KKN mahasiswa mudah beradaptasi dengan penduduk desa.
Kedatangan mahasiswa disambut baik oleh seluruh perangkat desa begitu juga penduduk desa. Kegiatan dari setiap divisi dimulai dari hari Selasa, 12 Januari 2016 dengan mulai menjalankan program kerja masing-masing dengan pendampingan dari BPH kelompok. Adapun program kerja yang dilaksanakan setiap divisinya dilakukan sebagai berikut:
1.      Divisi Kesehatan
Program kerja yang dilakukan oleh divisi kesehatan yaitu:
-          Membantu kegiatan Posyandu Balitayang diadakan pada hari Selasa, 12 Januari 2016 di Balai Desa dan hari Rabu, 13 Januari 2016 di Dusun Jaten.
-          Penyuluhan gosok gigi dan cuci tangan di MI Miftahul Ulum pada hari Jumat, 15 Januari 2016 yang bekerja sama dengan divisi pendidikan.
2.      Divisi Pendidikan
Program kerja yang dilakukan oleh divisi pendidikan yaitu:
-          Melakukan pengabdian ke MI Miftahul Ulum mulai dari hari Selasa, 12 Januari 2016 yaitu perkenalan kepada siswa dan dilanjutkan dengan game. Hari Rabu, 13 Januari 2016 yaitu pemberian materi kebersihan diri dan lingkungan. Hari Kamis, 14 Januari 2016 yaitu pemberian materi Bela Negara. Hari Jumat, 15 Januari 2016 yaitu kegiatan kerja bakti. Hari Senin, 18 Januari 2016 yaitu kegiatan pengasahan kreativitas melalui seni rupa dengan pembuatan origami. Hari Selasa, 19 Januari 2016 yaitu lomba cerdas cermat.
-          Memberi bimbingan belajar kepada siswa yang berminat di posko mahasiswa KKN pada hari Rabu, 13 Januari 2016, Jumat, 15 Januari 2016, Senin, 18 Januari 2016, Selasa, 19 Januari 2016, dan Rabu, 20 Januari 2016. Karena banyak siswa yang berminat mengikuti bimbingan belajar ini, maka divisi pendidikan dibantu oleh sebagian mahasiswa dari divisi lain yang memiliki waktu senggang.
3.      Divisi Administrasi
Program kerja yang dilakukan oleh divisi administrasi yaitu:
-          Membuat Blog desa untuk membantu mengenalkan potensi desa Jatipelem kepada masyarakat luar. Dalam pembuatan blog desa ini, divisi administrasi melakukan pengumpulan data desa dan kependudukan, serta melakukan survey kegiatan penduduk maupun potensi yang dimiliki oleh Desa Jatipelem.
-          Melakukan demonstrasi blog kepada perangkat desa untuk peninjauan kembali pada hari Senin, 18 Januari 2016.
4.      Divisi Produksi
Program kerja yang dilakukan oleh divisi produksi yaitu:
-          Membuat produk hasil olahan dari rambutan, berupa sirup dan selai serta puding tepung beras.
-          Melakukan penyuluhan mengeenai hasil produk kepada ibu-ibu PKK di Balaidesa pada hari Minggu, 17 Januari 2016.
5.      Divisi Teknologi Tepat Guna
Program kerja yang dilakukan oleh divisi TTG yaitu:
-          Membuat pupuk kompos dari sampah organik yang berupa kulit rambutan dengan menggunakan keranjang takakura
-          Membuat alat perangkap hama wereng untuk selanjutnya dilakukan uji coba pada salah satu sawah penduduk.
-          Melakukan penyuluhan kepada petani mengenai alat yang sudah dihasilkan pada hari Selasa, 19 Januari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar